Minggu, 13 Oktober 2013

Teori Etika Utilitarian

1.     TEORI
Teori ini dikenal sejak disistematiskan oleh filsuf Inggris bernama John Stuart Mill dalam bukunya yang berjudul On Liberty. Sesuai dengan namanya utilitarisme berasal dari kata utility dengan bahasa latinnya utikis yang artinya “bermanfaat”. Teori ini menekankan pada perbuatan yang menghasilkan manfaat, trntu bukan sembarang manfaat tetapi manfaat yang paling banyak membawa kebahagiaan bagi banyak orang.
Etika utilitarian adalah suatu idea atau faham dalam falsafah moral yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar.
Teori utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.

2.     KASUS/ARTIKEL
Menurut teori utilitarian bahwa suatu kegiatan harus bisa memberikan suatu manfaat bagi masyarakat disekitarnya. Di lingkungan dekat rumah saya di jalan swadaya IV RT 05 RW 02 Beji-Depok, banyak sekali usaha – usaha seperti warung – warung, fotokopy, dan salon. Namun saya akan membahas dalam permasalahan kali ini adalah salah satu apotek yang menyediakan obat-obatan yang keberadaannya sangat memberikan manfaat di lingkungan tempat tinggal saya.

3.     ANALISIS
Salah satu usaha didekat rumah saya yang sangat memberikan manfaat bagi masyarakat di lingkungan saya adalah apotek yang bernama “Apotek Roxy”. Apotek ini menjual bermacam obat-obatan.
Jika manurut teori utilitarian suatu usaha harus memberikan manfaat bagi masyarakat keberadaan apotek ini jelas sangat memberikan manfaat bagi masyarakat. Hal ini terbukti karena apotek ini menjual cukup lengkap bermacam obat-obatan selain itu apotek ini juga menjual berbagai jenis susu. Harga di apotek ini juga reltif lebih murah dibandingkan dengan apotek-apotek lainnya. Selain itu apotek ini buka 24 jam jadi masyarakat sekitar yang membutuhkan obat bisa mendapatkan obatnya kapan saja.
Beberapa pernyataan diatas jelas membuktikan bahwa keberadaan apotek ini sangat jelas ada manfaatnya selain menyediakan obat-obatan yang lengkap, apotek ini juga menjual  berbagai macam obat dengan harga yang lebih murah dibandingkan pesaingnya yang berada disekitar rumah saya.
Kesimpulannya adalah teori utilitarian merupakan suatu kegiatan atau perbuatan yang harus membawa manfaat menyangkut bukan saja untuk satu dua orang melainkan masyarakat sekitar.
            Contohnya adalah keberadaan apotek yang berada dilingkungan rumah saya, karena dengan keberadaan apotek ini masyarakat sekitar apotek tidak perlu jauh-jauh jika ingin membeli obat karena diapotek ini sudah cukup lengkap dan harganya juga relatif murah serta apotek ini buka selama 24 jam sehingga masyarakat kapan saja bisa membeli obat.


4.     REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar